Go to Top

Sambutan Kadep TIN

Program Studi Strata Satu (S1) Teknologi Industri Pertanian (TIN) didirikan pada tahun 1981 dalam rangka memacu dan meningkatkan peranan sektor pertanian dalam menunjang pembangunan nasional melalui peningkatan nilai tambah produk-produk pertanian dengan introduksi teknologi proses ramah lingkungan serta teknik sistem dan industri. Program Studi TIN termasuk dalam kategori Program Studi Teknologi Keteknikan Industri (Industrial Engineering Technology/IET, sesuai pengelompokan ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dari Amerika Serikat, yang menyiapkan lulusan dengan kemampuan teknikal dan manajerial yang diperlukan untuk mengembangkan (develop), menerapkan (implement), dan menyempurnakan (improve) sistem agroindustri berkelanjutan mencakup manusia, material, informasi, metode/mesin/peralatan, energi, dan uang. TIN mengemban mandat dari institusi IPB (SK Rektor IPB No. 001/K13/PP/2005) dalam pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang agroindustri yang mencakup teknik dan manajemen industri, teknologi proses dan bioproses, dan teknik dan manajemen lingkungan industri. Integrasi komponen-komponen sistem industri dengan melibatkan ketiga bidang ilmu tersebut merupakan kekhasan sekaligus keunggulan program studi ini.

Dalam perkembangannya selama sekitar 35 tahun, kurikulum TIN dapat dikatakan sudah matang (establisched) dan menjadi rujukan nasional untuk program studi sejenis. Kiprah TIN melalui serangkaian kegiatan Simposium Nasional Agroindustri I, II, III dan IV telah memberi kontribusi bagi pembangunan ekonomi nasional ditandai dimasukkannya agroindustri (dimulai sejak GBHN 1988) dan menjadi sektor unggulan dalam pembangunan nasional, setelah agroindustri menunjukkan ketangguhannya pada masa krisis ekonomi tahun 1998. Menyempurnakan program studi strata satu (Program Sarjana), TIN membuka Program Magister (S2) pada tahun 1990 dan Program Doktor (S3) pada tahun 1995. Program pascasarjana tersebut, baik program S2 maupun S3, menawarkan wahana bagi pengembangan kemampuan akademik tingkat lanjut sarjana lulusan PS TIN atau program studi sejenis, dan juga mendukung pengembangan kompetensi dosen program studi sejenis perguruan tinggi di luar IPB. Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor Teknologi Industri Pertanian tersebut ketiganya saat ini terakreditasi A (Sangat Baik) oleh BAN-PT. Selain itu, Program Sarjana (S1) TIN sejak tanggal 1 Oktober 2011 juga terakreditasi internasional oleh ETAC (Engineering Technology Accreditation Commission), ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dari Amerika Serikat.

Dosen TIN saat ini berjumlah 40 orang dosen tetap dengan kualifikasi Doktor 37 orang (92,5%) dan Master 3 orang (7,5%). Sebanyak 39 orang (97,5%) telah memiliki sertifikat sebagai pendidik. Dosen TIN tersebut lulusan dari program pascasarjana di berbagai perguruan tinggi luar negeri (AS, Australia, Inggris, Jepang, Jerman, Kanada, Perancis) dan dalam negeri.  Saat ini, sebanyak 14 orang (35%) mendukuki jabatan sebagai Guru Besar (Profesor). Dosen TIN perduli dan memahami praktik-praktik profesionalisme dan serta aktif di berbagai asosiasi profesi, baik nasional maupun internasional.

TIN mengembangan sistem pendidikan yang berbasis outcome (Outcomes based education/OBE) dan berorientasi Technopreneusrship dengan mengembangkan dan menerapkan sistem penjaminan mutu modern, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dan berwasaran internasional.

Bogor, 25 Oktober 2017

Prof. Dr.-Ing. Ir. Suprihatin
Ketua Departemen

antalya rent a car
hacklink satış hacklink satış wso shell wordpress free themes kalça büyültme Google