Go to Top

TIN akan selenggarakan Workshop Peningkatan Daya Saing Global Lulusan

Proses globalisasi sekarang ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat antar negara, baik persaingan dalam penyediaan barang, jasa maupun tenaga profesional. Di tingkat regional, Negara ASEAN telah menyepakati pemberlakuan pasar bebas di kawasan ASEAN. Ini dilakukan agar daya saing ASEAN meningkat, serta untuk menarik investasi asing guna meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembentukan pasar bebas yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara. Tetapi MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional. MEA mensyaratkan adanya penghapusan aturan-aturan yang sebelumnya menghalangi perekrutan tenaga kerja asing, terutama dalam sektor tenaga kerja profesional, sehingga kompetisi tenaga kerja professional semakin ketat.

Kesiapan Indonesia dalam menyediakan tenaga kerja profesional menjadi tema krusial dalam konteks pengembangan pendidikan tinggi. Studi Bank Dunia (2012) berjudul “Putting Higher Education to Work” mengidentifikasi adanya berbagai kelemahan tipikal berupa ketidakterkaitan (unconnected) dalam sistem pendidikan, yaitu (a) Ketidakterkaitan antara karakteristik institusi pendidikan tinggi (kurikulum, dan gelar) dengan keahlian yang dibutuhkan oleh pengguna akhir (penyedia lapangan kerja); (b) Lemahnya keterkaitan antara lembaga pendidikan tinggi dan industri sebagai pengguna akhir dari hasil pendidikan dan riset; (c) Pemisahan antara institusi pendidikan tinggi dengan lembaga penelitian; (d) Lemahnya koordinasi dan integrasi antar lembaga pendidikan tinggi dan antara lembaga pendidikan tinggi dengan penyedia pelatihan; dan (e) Ketidakterkaitan vertikal antara pendidikan tinggi dengan pendidikan di bawahnya.

Sejalan dengan perkembangan dan kondisi tersebut di atas ditambah lagi perkembangan yang sangat cepat di era industri 4.0, pendidikan tinggi industri pertanian (agroindustri) dituntut untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam menghasilkan sumberdaya manusia unggul dan inovasi yang relevan guna meningkatkan daya saingnya. Dalam usaha peningkatan daya saing lulusan pendidikan tinggi, peran pemangku kepentingan sangat strategis. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama (keterkaitan) yang sinergis antara program studi sebagai penghasil sumberdaya manusia dan pemangku kepentingan (organisasi profesi, pelaku industri, pemerintah) sebagai pengguna lulusan dan pemakai inovasi program studi. Kerjasama sinergi ini hendaknya mencakup semua tahapan perencanaan, perancangan, penyelesaian/pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan. Dengan kerjasama tersebut, pemangku kepentingan dapat mengambil bagian dalam menentukan arah dan fokus pendidikan industri pertanian, serta mensinergikan atau “sharing” penggunaan sumberdaya untuk mencapai tujuan bersama. Di sisi lain, program – program studi penyelenggara pendidikan tinggi agroindustri perlu berusaha menyamakan persepsi dan mensinergikan usaha dalam menyiapkan sumberdaya manusia agroindustri yang unggul, profesional dan memiliki daya saing tinggi dalam persaingan global.

Dalam rangka mewujudkan kondisi tersebut, Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Institut Pertanian Bogor (IPB) berinisiasi membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan dan sesama penyelenggara program studi industri pertanian guna menghasilkan keselarasan dan kesepahaman tentang arah pendidikan tinggi industri pertanian untuk membangun daya saing lulusan di era persaingan global. Keselarasan pemahaman terutama tentang definisi disiplin industri pertanian (agroindustri), profil profesional lulusan (sering disebut juga sebagai tujuan program pendidikan (program educational objectives/PEOs)), capaian pembelajaran/CPL (Learning Outcomes/LO), dan kurikulum program studi. Keselarasan pemahaman ini akan sangat menentukan “positioning” program studi industri pertanian dan lulusannya. Keterkaitan yang sangat tinggi antara profil profesional lulusan, CPL, dan kurikulum diilustrasikan pada Gambar 1. Oleh karena itu, keselarasan pemahaman tentang formula profil lulusan dan CPL sangat menentukan fokus pembelajaran dan efektivitas proses pencapaian tujuan pendidikan.

Dalam konteks sesama penyelenggara pendidikan tinggi industri pertanian, keselarasan pemahaman tidak harus berarti identik. Masing-masing program studi memiliki keleluasaan untuk menambahkan kekhasan atau keunggulannya masing-masing sesuai dengan visi dan misi, latar belakang historik, lokasi geografis, sumberdaya yang ada, serta faktor internal dan eksternal lainnya perguruan tinggi masing-masing. Namun demikian, program studi sebagai penyelenggara pendidikan industri pertanian perlu secara bersama-sama menggali dan menemukan kekhasan yang dapat dijadikan keunggulan bersama dibandingkan dengan program studi bidang lainnya, sehingga dapat meningkatkan daya saing lulusan program studi industri pertanian, baik daya saing komparatif maupun kompetitif sesuai dengan perkembangan jaman.

gambar-1

Gambar 1. Keterkaitan antar profil profesional lulusan, CPL, dan kurikulum dalam proses pendidikan

TUJUAN.Terbentuknya keselarasan pemahaman antara program studi industri pertanian dan pemangku kepentingan (organisasi profesi, industri, pemerintah) tentang formula profil professional lulusan (tujuan program pendidikan), capaian pembelajaran/CPL (Learning Outcomes/LO), dan disiplin industri pertanian dalam rangka peningkatan daya saing global lulusan program studi industri pertanian.

WAKTU DAN TEMPAT
Tempat : Ruang EDTC – Ocean, Gedung Pertemuan PKSPL (Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Kelautan, Kampus IPB Baranangsiang, Bogor)
Waktu : Senin, 19 Februari 2018

PENYELENGGARA
Departemen Teknologi Industri Pertanian
Fakultas Teknologi Pertanian
Institut Pertanian Bogor
Kampus IPB Darmaga, PO. Box 220, Bogor, Jawa Barat
Telp./Fax: 0251 8621 974 Email: tin@apps.ipb.ac.id
Website: http://tin.ipb.ac.id

Lampiran : Surat Undangan, Kerangka Acuan

, , , , ,
antalya rent a car
hacklink satış hacklink satış wso shell wordpress free themes kalça büyültme Google