Go to Top

Workshop Peningkatan Daya Saing Lulusan Program Studi Industri Pertanian

Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan workshop dengan judul “Peningkatan Daya Saing Lulusan Program Studi Industri Pertanian” yang diselenggarakan pada Senin, 19 Februari 2018 di Ruang ETDC IPB Baranangsiang. Tujuan workshop ini adalah terbentuknya keselarasan pemahaman antara program studi industri pertanian dan pemangku kepentingan (organisasi profesi, industri, pemerintah) tentang formula profil professional lulusan (tujuan program pendidikan), capaian pembelajaran/CPL (Learning Outcomes/LO), dan disiplin industri pertanian dalam rangka peningkatan daya saing global lulusan program studi industri pertanian.

Keselarasan pemahaman antara program studi industri pertanian dan pemangku kepentingan diharapkan dapat menciptakan kondisi yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara program studi sebagai penghasil lulusan dan pemangku kepentingan sebagai pemakai/pemanfaat lulusan. Bagi sesama program studi industri pertanian, keselarasan pemahaman tersebut dapat menciptakan sinergi usaha melalui pembentukan jejaring kerjasama pendidikan, penelitian (dan publikasi), dan pengabdian masyarakat, serta dapat sebagai dasar penentuan prioritas kegiatan tridharma dan alokasi sumberdaya. Lebih lanjut, kondisi ini dapat meningkatkan kontribusi program studi industri pertanian dalam pengembangan agroindustri nasional, sekaligus meningkatkan daya saing program studi industri pertanian relatif terhadap program studi lain. Selain itu, kesepahaman tersebut dapat menjadi basis bagi formulasi kriteria khusus dalam akreditasi program studi industri pertanian, atau sebagai dasar pemilahan opsi pengembangan program studi, misalnya terkait pilihan nomenklatur program studi sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan workshop ini, yaitu:

  • Paparan dan diskusi tentang pentingnya peningkatan kualitas lulusan pendidikan tinggi industri pertanian dalam era persaingan global yang menyajikan tren kebutuhan SDM agroindustri, peran lembaga pendidikan dan pengembangan profesi lulusan, peningkatan daya saing global, dan akreditasi program studi.
  • Paparan dan diskusi tentang profil professional mandiri industri pertanian berdaya saing global menurut perspektif pemangku kepentingan (organisasi profesi, masyarakat industri, pemerintah) guna mengidentifikasi dan menginventarisasi kebutuhan stakeholder tentang profil presional.
  • Paparan Profil lulusan, dan CPL program studi industri pertanian dari perspektif program studi, guna menginventarisasi formulasi profil lulusan dan CPL program studi yang ada di Indonesia saat ini untuk mengetahui variasi, serta menggali kesamaannya.
  • Diskusi dan formulasi kesepakatan profil professional lulusan, CPL, dan kriteria disiplin industri pertanian, melakukan analisis kesenjangan atau penambahan ciri khas penting sebagai keunggulan pendidikan tinggi industri pertanian relatif terhadap program studi bidang lain yang berdekatan, seperti teknik industri, teknologi/teknik pangan, dan teknologi pengolahan hasil pertanian.

Sebagai Narasumber antara lain Prof. Muhammad Romli dari Badan Kejuruan Industri Pertanian Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang memaparkan tema “Peningkatan kualitas lulusan pendidikan tinggi industri pertanian (agroindustri) di era persaingan global”.  Pemangku kepentingan (stakeholders), seperti Asosiansi Agroindustri Indonesia (Agrin), Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA), dan Ikatan Ahli Gula Indonesia (IKAGI), menyampaikan berbagai saran dan harapan terhapan lulusan Program Studi Industri Pertanian.

Dalam workshop tersebut didiskusikan dan diformulasikan kesepakatan profil, capain pembelajaran/CPL, dan kriteria disiplin keilmuan industri pertanian (agroindustri), serta rumusan tindaklanjutnya.

disiplin-industri-pertanian

Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB mengemukakan bahwa pertemuan Program Studi Industri Pertanian se Indonesia tersebut dapat digunakan untuk menguatkan integrase, harmonisasi, dan kerjasama antar program studi industri pertanian, serta untuk menciptakan, menguatkan, dan memanfaatkan identitas bersama (common identity) program studi industri pertania dalam konteks tujuan pendidikan (profil lulusan), capaian pembelajaran, kurikulum.

Bahan Materi Workshop

  1. Peningkatan Mutu Lulusan di Era Persaingan Global (M. Romli – BKIP PII)
  2. Asosiasi Agroindustri Indonesia (Agrin)
  3. Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA)
  4. Universitas Brawijaya
  5. Universitas Dharma Andalas
  6. Insitut Pertanian Bogor
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Rumusan workshop PS Industri Pertanian

Bahan Pendukung

  1. IABEE Seminar
  2. Rekap Kuesioner: Pemangku Kepentingan
  3. Rekap Kuesioner: Program Studi
  4. Galery workshop
, , ,
antalya rent a car
hacklink satış hacklink satış wso shell wordpress free themes kalça büyültme Google