Bogor, Indonesia | +62 811-1187-812 | tin@apps.ipb.ac.id

Tujuan dan Sasaran

Tujuan dan Sasaran

Tujuan Program studi TIN mencakup tiga hal pokok yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan yang i) Efektif dalam perencanaan, perancangan, implementasi, pengendalian, dan pengembangan sistem agroindustri berkesinambungan, mencakup aspek manajerial, teknologis dan lingkungan, serta ii) Mampu mengembangkan (expand) pengetahuan dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengembangan agroindustri, dan iii) Memiliki karakter efektif dalam komunikasi, leadership dan standar tinggi dalam tanggung jawab moral, etika, profesional, sosial dan lingkungan, serta memiliki mentalitas technopreneurial
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian dan pengembangan yang berkontribusi dalam pembangunan agroindustri dan IPTEK, dan
  3. Mendiseminasikan dan mempromosikan penerapan produk penelitian dan temuan inovatif dalam aspek teknologi proses dan teknik sistem agroindustri yang berwawasan lingkungan kepada pihak pemangku kepentingan (stakeholders) untuk berkontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa.

Dalam menjalankan misi dan mewujudkan tujuan, Departemen TIN dilengkapi dengan tujuh bagian (Laboratorium keilmuan) yang masing-masing memiliki mandat dan ruang lingkup tertentu, baik di bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan SK Rektor No. 178/K13/OT/2005. Ketujuh bagian tersebut dibentuk untuk mendukung Departemen TIN dalam menyiapkan lulusan Departemen TIN yang memiliki kemampuan teknikal dan manajerial yang diperlukan untuk mengembangkan (develop), mengimplementasikan (implement), dan menyempurnakan (improve) sistem agroindustri berkelanjutan mencakup aspek SDM, material, informasi, proses transformasi, metode/peralatan, energi, dan uang.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran PS TIN dinyatakan dalam bentuk balance score card yang mencakup empat perspektif, yaitu perspektif pemangku kepentingan (stakeholder), keunggulan akademik dan penelitian (research and academic excellence), proses bisnis internal (internal business process), dan pengembangan kapasitas (capacity building). Masing-masing perspektif tersebut dilengkapi dengan sasaran kinerja, bobot, indikator kinerja kunci, capaian dan sasaran serta kurun waktu pencapaiannya.
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan TIN mencakup aspek sebagai berikut:

  1. Standar akademik: kesesuaian tingkat mutu kuliah dengan tujuannya, keterbaruan kurikulum, serta sejauh mana pencapaian tujuan kurikulum.
  2. Mutu pembelajaran: mutu dan motivasi dosen, daya tarik dan relevansi mata kuliah, keefektifan metode pembelajaran, manajemen perkuliahan, tanggapan mahasiswa serta kemampuan mata kuliah mengembangkan pengetahuan mahasiswa, pemahaman atau kompetensi yang diperlukan untuk tingkatan yang dibutuhkan.
  3. Mutu dukungan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen oleh unit layanan akademik dan oleh prasarana administrasi.
  4. Tingkat pencapaian mahasiswa: hasil penilaian formal, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kemajuan studi, dan tingkat pencapaian lulusan (alumni) dalam memperoleh pekerjaan beserta penghargaannya.
  5. Mutu penelitian, konsultasi dan kegiatan akademik lain beserta relevansinya terhadap mata kuliah mata kuliah yang ditawarkan.
  6. Tingkat kepuasan pelanggan (stakeholder) yang dijaring melalui survei tingkat kepuasan yang dilakukan secara reguler kepada calon alumni (menjelang wisuda) dan alumni serta pengguna