FORMATIP selenggarakan virtual industry visit

Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia Forum Komunikasi Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri Pertanian (FORMATIP) 2020/2021 menyelenggarakan kegiatan Virtual Industrial Visit 2021 yang merupakan salah satu program kerja dari pengurus FORMATIP 2020/2021. Tujuan dari kegiatan ini, yaitu memberikan wawasan di bidang manajemen dan kegiatan perindustrian, menambah wawasan di bidang manajemen pengelolaan limbah industri, serta memperluas dan mempererat jaringan kerjasama mahasiswa dengan beberapa industri. Kegiatan ini mengangkat tema “Eksplorasi Industri Menyongsong Normal Baru” dengan harapan mahasiswa dapat mengetahui tantangan di masa yang akan datang oleh para pelaku industri, serta memiliki bekal pengetahuan di sektor industri.

Virtual Industrial Visit 2021 diselenggarakan pada hari kamis tanggal 4 Maret 2021 pukul 07.30 – 12.15 WIB. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 127 orang yang terdiri dari mahasiswa aktif program studi Teknik Industri Pertanian (program sarjana, magister, dan doktoral), tamu undangan, dan mahasiswa program studi lain lingkup IPB University. Pada kegiatan ini, Prof. Dr. Ing Ir. Suprihatin sebagai Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian memberikan kata sambutan, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena memberikan manfaat bagi mahasiswa seperti mengenal praktek dan teknologi industri terkini yang sangat penting dalam pengembangan dan pembangunan nasional, mengetahui peran strategis dalam memberikan nilai tambah berbagai produk, serta mengetahui tantangan dan solusi pada industri di era pandemic COVID-19. Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini berasal dari PT. Nestle Indonesia, PT. Ratu Bio Indonesia, PT. Jababeka Infrastruktur, dan PT. Kelola Mina Laut.

Pada Kegiatan Virtual Industrial Visit 2021, narasumber akan menjelaskan materi atau video mengenai gambaran umum profil perusahaan, tantangan perusahaan, fasilitas perusahaan, proses pengolahan, dan kontribusi industri terhadap kawasan industri maupun masyarakat sekitar. Ida Royani, Spt, Magr dan Faiza Anindita mewakili PT. Nestle Indonesia mejelaskan prosedur rantai pasok susu segar, prosedur operasional pada masa pademi COVID-19, proses pengolahan, upaya peningkatan kualitas susu segar, penangan limbah, sustainability, dan kemasan produk. Setelah itu, sesi berikutnya disampaikan oleh Atsirudy Wibowo, STP mewakili PT. Ratu Bio Indonesia yang menjelaskan produk – produk PT. Ratu Bio Indonesia, fasilitas-fasilitas yang tersedia, tantangan perusahaan makloom pertama di Indonesia, sistem bisnis produk minyak atsiri dan aromaterapi alami, serta kontribusi dan edukasi terhadap masyarakat. Kemudian materi selanjutnya disampaikan oleh Susilo Tri Harsono mewakili PT. Jababeka Infrastruktur menjelaskan lokasi dan jaringan air limbah kawasan industri Jababeka, manajemen limbah B3, pengendalian pencemaran udara, pengolahan pendahuluan air limbah, karakteristik air limbah, kinerja proses pengolahan WWTP, monitoring and quality control, performance test, online monitoring, recycle water, dan modifikasi proses berkelanjutan.

Selanjutnya materi terakhir disampaikan oleh Ahmad Zulfi Faozi, STP mewakili PT. Kelola Mina Laut yang menjelaskan profil perusahaan, unit pengolahan, tantangan normal baru, manajemen rantai pasok, dan pemberdayaan mitra. Pada kegiatan ini, peserta tidak hanya memperhatikan dan mendengarkan materi atau video, namun peserta juga dapat memberikan pertanyaan terhadap narasumber mengenai materi yang sudah disampaikan. Selain itu, panitia juga menyediakan doorprize bagi mahasiswa yang dapat menjawab pertayaan atau kuis pada sesi ice breaking.

Kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan sukses berkat dukungan dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, Program Studi Teknik Industri Pertanian, pengurus FORMATIP 2020/2021, panitia Virtual Industrial Visit 2021, pihak perusahaan yang sudah bekerjasama, dan sponsor. Harapannya di masa yang akan datang semoga kunjugan industri dapat dilakukan secara langsung, sehingga dapat memberikan manfaat ilmu pengetahuan bagi mahasiswa dengan mengetahui secara langsung proses pengolahan, produk, teknologi, fasilitas, penanganan atau pengolahan
limbah, tantangan dan solusi perusahaan, peran strategis perusahaan, serta kontribusi terhadap kawasan industri sekitar maupun masyarakat.

Peserta virtual industrial visit 2021