Ketua KPE Hadir pada Pertemuan Rutin Rabuan Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fateta IPB

Pada Hari Rabu tanggal 6 November 2019, Ketua Komisi Penasehat Eksternal (KPE) Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) IPB, Ir. Muhammad Najikh, hadir pada rapat rutin rabuan dosen, dan memberi berbagai pandangan tentang pendidikan agroindustri yang akan datang.

KPE Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB (External Advisory Committee) merupakan suatu lembaga yang merepresentasikan organisasi-organisasi yang menggunakan lulusan TIN. Komisi ini dibentuk untuk memberikan rekomendasi kepada TIN dalam membanguan, mencapai dan mengevaluai tujuan pendidikan. Selain itu, KPE juga mereview secara reguler kurikulum program studi serta memberikan masukan-masukan tentang kebutuhan saat ini dan di masa yang akan datang tentang bidang-bidang teknologi, teknik dan manajemen dimana lulusan TIN diperlukan.

Ir. M. Najikh bersama dosen TIN Fateta IPB

Beberapa masukan tentang pengembangan TIN ke depan antara lain bahwa TIN perlu menyesuaikan diri dalam menghadapi dunia industri yang sangat cepat berubah. Mengingat kebutuhan industri dan kebutuhan perguruan tinggi berbeda, meskipun memiliki harapan yang sama dalam menghasilkan lulusan, maka diperlukan jembatan penghubungan (bridging) yang kuat antara perguruan tinggi dan industri, antara lain melalui penguatan kegiatan studium general, program magang (internship), dan penerapan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) yang memuat berbagai kompetensi tambahan yang dimiliki oleh lulusan tersebut.

Ir. Muhammad Najikh adalah CEO Perusahaan Kelola Group yang bergerak di bidang agroindustri perikanan, yang saat ini memperkejakan sekitar 400 orang profesional alumni perguruan tinggi (sebagian besar dari IPB), dan sekitar 13.000 orang karyawan. Saat ini telah dibangun sebanyak 12 perusahaan dengan 58 pebrik pengolahan dan 52 miniplant pasca panen. Ir. Najikh adalah alumni angkatan pertama Departemen (dulu Jurusan) Teknologi Industri Pertanian IPB

Ir. M. Najikh bersama Profesor teman seangkatannya di Departemen TIN