Kuliah Pembekalan KKN-T

Program Studi Teknik Industri Pertanian akan melaksanakan KKN-Tematik: Pengembangan Agroindustri Berkelanjutan di Pedesaan. Lokasi KKNT adalah di desa lingkar kampus sebagai laboratorium hidup bagi mahasiswa TIN IPB untuk berinteraksi dan berkokreasi sehingga menghasilkan karya yang mengakar dan sinergis. 

Kuliah Pembekalan KKN-Tematik  kali ini, mengundang Pak Gigih Budi Abadi (Founder Dagadu)  mengusung tema Desain Kemasan Berbasis Bahan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Produk Agroindustri di Pedesaan &  Pak Tejo mengusung sisi Bisnis di Desa: Menciptakan ruang apresiasi untuk petani & karyanya.

Apreasiasi kepada Pak Tejo dan Pak Gigih yang mampu mengembangkan sinergi yang kuat dengan petani/pengrajin di desa menghasilkan kerja nyata (produk dan bisnis) yang mengakar, menggali dan menunjukkan karakter yang kuat di desa. 

Kuliah Pembekalan KKN-T Departemen TIN

Pesan dari Pak Gigih dan Pak Tejo untuk mahasiswa yang akan ber KKN di desa:

  1. KKN merupakan kesempatan untuk menjalin kedekatan dengan desa dan masyarakatnya.
  2. Mengenali dan menggali yang otentik yang ada di desa dan dimunculkan sebagai proposisi nilai bagi produk dan bisnis di desa,
  3. Mengelola Ekspektasi.
  4. Sesuatu harus dimulai saja.  Yang banyak harus dimulai dari yang sedikit. Berikan bukti-bukti/kemenangan-kemenangan kecil yang terus bergulir menjadi karya nyata.

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, manusia dianjurkan untuk senantiasa menebar kebaikan dan saling membantu terhadap sesama sesuai hadist “Khoirunnas anfa’uhum linnas”. Semangat ber KKN-T bagi mahasiswa TIN semangat menebar kebaikan dan manfaat bagi masyarakat. (ELA)