Layanan Akademik 2021

1. Persyaratan

Persyaratan administrasi dan akademik mengikuti prosedur operasional baku (POB) yang selama ini sudah dilaksanakan, yaitu status mahasiswa aktif (lunas SPP dan sudah mengisi KRS), kelengkapan dokumen, dan bukti capaian akademik. Info lebih lanjut bisa menghubungi WA UPT.

2. Prosedur Pembuatan SK Dekan/Wadek Fakultas

Pengajuan administrasi akademik dan kemahasiswaan Surat Keterangan (Dekan/Wakil Dekan) dilakukan secara online oleh mahasiswa — Formulir Isian, Upload Formulir

3. Prosedur Pelayanan Akademik di TIN

Pengajuan administrasi akademik dan kemahasiswaan di Departemen TIN melalui laman Layanan UPT TIN

4. Prosedur Pelaksanaan Seminar Online

  1. Mahasiswa menyiapkan bahan seminar yang telah disetujui Dosen Pembimbing dan sudah mengikuti seminar minimal 10 kali
  2. Mahasiswa mendaftar seminar secara online (http://bit.ly/Seminar_S1) dengan melengkapi persyaratan sesuai POB yang berlaku selama ini (bukti untuk persyaratan dapat berupa soft file, hasil scan atau screen shoot persetujuan dosen pembimbing) 7 hari sebelum hari-H
  3. Departemen menetapkan jadwal seminar dan dosen moderator seminar
  4. Departemen mengirim undangan seminar online dan makalah kepada dosen pembimbing dan dosen moderator seminar
  5. Dosen dan mahasiswa yang akan hadir dalam seminar online mendaftar ke Departemen secara online (https://bit.ly/Peserta_Seminar_S1). Jadwal seminar dapat cek disini
  6. Host seminar akan memberitahukan aplikasi dan ID seminar (meeting) kepada dosen dan mahasiswa
  7. Seminar dilaksanakan selama 40 menit. Moderator dan Dosen Pembimbing memberikan penilaian, moderator merekap nilai dengan menggunakan google form, mengisi BAP, dan mendata mahasiswa yang hadir agar bisa di-claimed kehadirannya.
  8. Moderator mengirim hasil penilaian dan BAP seminar ke Departemen paling lambat 1 hari setelah seminar.
  9. Departemen menggugah nilai seminar ke SIMAK sesuai POB.

5. Prosedur Sidang Skripsi Online

  1. Mahasiswa menyiapkan file naskah skripsi yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing
  2. Mahasiswa wajib mengisi Kuesioner Tugas akhir (Online), Kuesioner Exit Survey For Student Near Graduation dan Kuesioner Tingkat Kepuasan Mahasiswa .
  3. Mahasiswa mendaftar dan mengirimkan dokumen berikut secara online (https://bit.ly/Sidang_Skripsi_S1) : •FRM-TIN-073 yang sudah disetujui dosen •Tanda bukti UKT dan Transkrip kumulatif (diperoleh dari operator simak) •Draft naskah skripsi •Daftar Riwayat Hidup dengan Pas Foto terbaru.
  4. Sekretariat akan menentukan dosen penguji dan membuat undangan sidang serta mengirimkan file naskah skripsi ke dosen pembimbing dan penguji
  5. Melakukan ujian sidang online (aplikasi Zoom)
  6. Form Penilaian dan BAP yang sudah diisi dosen dikirimkan ke Departemen
  7. Departemen mengunggah nilai seminar ke SIMAK sesuai POB

6. Bebas Laboratorium Non Departemen selama Partially Close Down

  1. Departemen TIN (Untuk Mahasiswa Non TIN)
  2. Departemen ITP (Untuk Mahasiswa Non ITP)
  3. Departemen TMB (Untuk Mahasiswa Non TMB)
  4. Departemen SIL (Untuk Mahasiswa Non SIL)

7. Lembar Pengesahan Skripsi
Mahasiswa yang sudah ujian skripsi dan menyelesaikan perbaikan skripsi dapat mendapatkan lembar pengesahan skripsi dengan prosedur sebagai berikut:

  • Mahasiswa menyampaikan lembar pengesahan skripsi kepada dosen pembimbing luar (jika ada) yang tidak mempunyai fasilitas Digisign IPB.
  • Lembar pengesahan (doc), draft skripsi (pdf & Format PPKI) dan skripsi yang sudah diberi watermark (pdf & Format ipb.link/umrepo-perpusipb) yang telah ditandatangani dosen pembimbing luar IPB (jika ada), disampaikan kepada KTU departemen melalui laman Layanan UPT TIN.
  • KTU departemen menyampaikan lembar pengesahan skripsi kepada dosen pembimbing, dan Ketua Departemen, melalui Digisign IPB masing-masing untuk mendapatkan tanda tangan digital dosen pembimbing dan Ketua Departeme.
  • Dosen pembimbing yang berasal dari IPB dan Ketua Departemen menandatangani lembar pengesahan secara digital menggunakan Digisign IPB.
  • Lembar pengesahan dan skripsi yang sudah di TTD digital oleh KTU departemen disampaikan kepada mahasiswa.
  • Lembar Pengesahan dalam bahasa inggris Untuk mahasiswa angkatan sebelum 2017 (STP) dapat di download (Doc)  Format Lembar Pengesahan in English-STP_Mhs sebelum 2017
  • Lembar Pengesahan dalam bahasa inggris Untuk mahasiswa angkatan sesudah 2017 (ST) dapat di download (Doc)  Format Lembar Pengesahan in English-ST-Mhs 2017

 8. Pengurusan SKL Online

  • Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan IPB, mahasiswa mengajukan surat keterangan lulus (SKL) online apabila telah memiliki persyaratan untuk di-upload pada SIMAK IPB.
  • Mahasiswa wajib mengisi survei kepuasan mahasiswa/wisudawan Fakultas Teknologi Pertanian IPB melalui https://bit.ly/Kepuasan_Wisudawan_Fateta.
  • Pengajuan SKL dilakukan secara online oleh mahasiswa melalui SIMAK IPB dan https://bit.ly/SKL_Fateta.
  • Nomor dan tanggal SKL akan diperoleh setelah seluruh persyaratan dipenuhi.
  • Mahasiswa WAJIB melakukan pengurusan SKL OFFLINE sebelum mahasiswa tersebut di WISUDA

Dokumen Persyaratan SKL Online

Fakultas

  1. Bukti Pembayaran Biaya Wisuda (Tidak Wajib)
  2. Tanda Terima Skripsi dari LSI IPB
  3. Bebas Pustaka LSI IPB
  4. Ijazah SMU/Sederajat beserta nilai
  5. Ringkasan Skripsi
  6. Abstrak
  7. Transkrip Nilai (mencantumkan nilai Skripsi)
  8. Lembar Pengesahan Judul Skripsi (sudah di TTD pembimbing dan Kadep)
  9. Bukti Pembayaran SPP

Departemen

  1. Skripsi yang sudah ditandatangani (Format PPKI terbaru)
  2. Naskah Jurnal
  3. Bebas Laboratorium TIN
  4. Bebas Laboratorium Non TIN
  5. Riwayat Hidup
  6. Sertifikat Toefl
  7. Tanda terima atau distribusi pengiriman skripsi ke Dosen Pembimbing
  8. Buku Evaluasi (Lembar pembimbingan)
  9. Kartu Seminar

SKL Online via SIMAK

 Penyerahan Tugas Akhir Perpustakaan IPB

 Penyerahan Hard Copy Tugas Akhir