Mahasiswa TIN Kembali Laksanakan Fieldtrip, Setelah Dua Tahun Terhenti Karena Pandemi

Mahasiswa TIN Kembali Laksanakan Fieldtrip, Setelah Dua Tahun Terhenti Karena Pandemi

Senin (20/7/2022) Mahasiswa Teknik Industri Pertanian (TIN) IPB University angkatan 57, melakukan kegiatan fieldtrip ke Kabupaten Bandung. Pada fieldtrip kali, para mahasiswa juga turut didampingi oleh dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa TIN angkatan 55. Adapun dosen yang mendampingi adalah Dr. Drs. Purwoko, MSi sebagai dosen pengampu mata kuliah Analisis Produk Agroindustri di semester 4. Tenaga pendidik yang turut ikut adalah Bu Egnawati Sari dan Pak Kino, AMd. Mahasiswa TIN angkatan 55 yang turut ikut adalah Fadhali Ifran, M.Khaerul Anhar, Thesalonika VG, dan Wigo Ardhana.

Terdapat dua destinasi yang dikunjungi oleh para mahasiswa yaitu CV Frinsa Agrolestari dan PT Perkebunan Nusantara VII Pabrik Malabar. Pemilihan kedua destinasi ini ditujukan agar para mahasiswa mengetahui proses pembuatan agroindustri dari hulu ke hilir dengan melihat langsung prosesnya di pabrik pengolahan.

Destinasi pertama yang dikunjungi adalah CV Frinsa Agrolestari yang memiliki fokus pengolahan di bidang kopi. Bapak Wildan Mustofa merupakan pemilik dari CV ini. Pada destinasi pertama ini, mahasiswa diajarkan bagaimana cara atau proses pengolahan kopi dari proses pemetikan kopi saat sudah matang, lalu proses pengolahan buah kopi yang sudah dipetik menjadi biji kopi, proses penentuan tingkatan kualitas dari biji kopi, proses roasting dari biji kopi, serta proses distribusi biji kopi baik distribusi skala nasional maupun ke mancanegara.

Destinasi selanjutnya yang dikunjungi adalah PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII) Pabrik Malabar. Pabrik ini merupakan rumah produksi teh yang telah ada sejak masa penjajahan dahulu oleh Belanda sekitar tahun 1928 dengan administrator pertama yaitu KAR Boscha. Pabrik ini merupakan pabrik khusus untuk memproduksi teh jenis orthodox yang nantinya sebagian besar akan diekspor ke luar negeri.

Pada destinasi yang kedua ini, para mahasiswa disambut baik oleh pihak perusahaan dengan suguhan cemilan pembuka tentunya juga disuguhi teh hasil produksi dari pabrik ini. Mahasiswa diberikan materi langsung oleh Manager PTPN VIII yaitu Bapak Sofyan Nurcahyo, terkait apa saja yang dilakukan di pabrik teh ini dan bagaimana proses yang dilakukan dari awal proses pemetikan hingga siap untuk didistribusikan. Tidak kalah menarik juga, Salah satu karyawan dari pabrik ini yaitu Bapak Enda, mendemonstrasikan proses uji organoleptik dari teh yang diproduksi. Para mahasiswa cukup tertarik dengan demonstrasi ini karena prosesnya yang cukup unik.

Ditulis oleh: Alif Zikri Fadhali

Sumber Foto:

2. Ananda Zahra

1. Rivellin Adzani