Mahasiswa TIN Mengikuti International Exchange “Winter Program” ke Kyoto University

Kerjasama IPB-KU telah berlangsung sejak lama khususnya mengingat banyaknya dosen IPB yang menempuh pendidikan di Kyoto University. Kerjasama resmi di tingkat fakultas dan pusat penelitian untuk pertama kalinya ditandatangani tahun 1983. Sejak ditandatanganinya MoU di tingkat universitas tahun 2013, kegiatan kerjasama berlangsung lebih beragam dan intensif, antara lain berupa penyelenggaraan program Master Double-Degree (DD) IPB-KU, kegiatan kerjasama riset, mobilitas dosen dan mahasiswa yang rutin melalui winter program, spring school, autumn school, intership serta penyelenggaraan international symposium dan pameran pendidikan.

Sebanyak 15 delegasi terbaik (mahasiswa S1) IPB dari berbagai fakultas mengikuti International Exchange “Winter Program” di Kyoto University pada tanggal 16-24 Februari 2019. Program ini terselenggara di bawah payung kerjasama antara IPB dan Kyoto University yang MoU nya di tingkat universitas ditandatangani sejak tahun 2013. Di IPB, kerjasama ini dikoordinatori oleh Dr. Ernan Rustiadi, M.Agr, sedangkan 2 orang dosen yang bertindak sebagai cross appointee sekaligus pendamping dalam program ini adalah Dr. Ir. Nurhayati, M.Sc. dan Dr Andrea Emma Pravitasari, SP., MSi.

Tahun 2019 ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan “Winter Program” yang diselenggarakan oleh Graduate School of Agriculture (GSA), Kyoto University. Secara umum, “Winter Program” ini terdiri dari aktivitas belajar mengajar di kelas yang diberikan oleh para professor dari Kyoto University, serta kunjungan lapang, dimulai dari kegiatan campus tour yang dipandu langsung oleh Dekan GSA, Prof. Eiji Nawata, kunjungan ke Kizu Experimental Farm (kebun percobaan milik Kyoto University) yang sudah menerapkan teknologi canggih, mengunjungi kebun sayuran milik salah seorang petani organik yang terkenal di Kyoto, kunjungan ke kawasan hutan di Kitayama Sugi no sato Forestry Center dan dilanjutkan ke desa wisata Mitayama Historic Village yang terletak di bagian utara Kyoto. Selain itu, rombongan juga mengunjungi objek-objek wisata yang menarik di Kyoto. Di hari terakhir seluruh mahasiswa mempresentasikan pengalaman dan hasil pembelajaran yang diperoleh selama mengikuti program dan kemudian ditutup dengan acara farewell party. Delegasi IPB dari departemen TIN yang mengikuti Internasional Exchange Program di Kyoto University tahun ini adalah: Reza Satria, Savira Astri Adriana, Alfian Yuliansyah, dan Nadiya Atika.

Selain “Winter Program”, beberapa program/kegiatan lain yang secara rutin terselenggara di bawah payung kerjasama IPB-Kyoto University antara lain adalah penyelenggaraan program Master Double-Degree (DD) IPB-KU, kegiatan kerjasama riset, mobilitas dosen dan mahasiswa, spring school, autumn school, intership serta penyelenggaraan international symposium dan pameran pendidikan.