Nama Baru Spirit Baru

Program Studi (PS) Teknologi Industri Pertanian pada Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi Pertanian IPB berdiri tahun 1981 untuk Jenjang Sarjana (S1), 1990 untuk Jenjang Magister (S2) dan 1995 untuk Jenjang Doktor (S3). Program Studi ini merupakan yang pertama (perintis) di Indonesia, dan kurikulumnya dijadikan rujukan oleh program studi sejenis. Program Studi ini secara konsisten melakukan penjaminan mutu pendidikan secara ketat, dan ketiganya terakreditasi A (Sangat Baik) oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Selain itu, Program Studi TIN jenjang Sarjana (S1) juga terakreditasi Internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dari Amerika Serikat pada tahun 2012.

Memasuki Era Global dan Era Digital, tantangan Departemen TIN mengalami perubahan secara signifikan seiring dengan perubahan di tingkat nasional maupun internasional. Tuntutan kompetensi lulusan Program Studi TIN juga mengalami perubahan signifikan, yang semula dominan pada penerapan ipteks modern berubah kearah yang lebih inovatif dan inventif. Hal ini mendorong TIN menyesuikan focus kurikulumnya yang mengarah kepada pemenuhan tuntutan stakeholders saat ini dan terutama tuntutan ke depan (5-10 tahun yang akan datang. Selain itu, TIN sangat memberihan memperhatikan penuh untuk mengantisipai tantangan-tantangan yang berkembang di era industri 4.0 ini, termasuk tantangan terhadap pemenuhan kompetensi lulusan perguruan tinggi Abad 21 seperti ketrampilan analitis, ketrampilan hubungan inter personal, ketrampilan merealisasi ide, ketrampilan mengolah dan memanfaatkan informasi, dan kemampuan untuk berubah kearah yang lebih baik (belajar).

Sejalan dengan dengan tantangan tersebut, dan didorong ingin tetap menjadi pioneer (trend setter) di bidang agroindustri, TIN telah melakukan penajaman capaian pembelajaran (CPL)-nya menjadi sebagai berikut (untuk jenjang sarjana/S1). Delapan CPL tersebut mengacu pada standar internasional (IEA-International Engineering Alliance) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

CPL Program Studi Teknik Industri Pertanian IPB

1. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan keteknikan agroindustri, yang mencakup sistem, proses, manajemen, dan lingkungan, melalui penerapan pengetahuan matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, keteknikan dan teknologi informasi menggunakan perangkat keteknikan modern.

2. Mampu merancang sistem/komponen, proses dan produk agroindustri untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan dalam kendala yang realistis.

3. Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen ilmiah dan keteknikan, dan menganalisis serta menginterpretasikan data yang dihasilkan

4. Mampu menyadari pentingnya dan memiliki kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat

5. Mampu berkomunikasi secara tertulis dan lisan dengan efektif

6. Mampu berperan secara efektif dalam tim multidisiplin dan multikultur

7. Mampu memahami penerapan etika dan profesionalisme dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan agroindustri dalam konteks ekonomi, lingkungan, masyarakat dan isu-isu kontemporer lainnya.

8. Mampu mentransformasi ide-ide berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi kedalam konsep bisnis agroindustri (teknopreurship)

Sesuai dengan penyesuaian orientasi dan fokus, serta sejalan dengan visi IPB dan peraturan pemerintah pusat yang berlaku, PS Teknologi Industri Pertanian atau PS Teknik Industri Pertanian masuk dalam Rumpun Ilmu Terapan (Profession and Applied Science) Sub-rumpun Ilmu Teknik atau Rekayasa (Engineering). PS TIN IPB menfokuskan diri pada keteknikan dan menyesuaikan namanya menjadi PS Teknik Industri Pertanian (Agroindustrial Engineering). Gelar lulusannya adalah Sarjana Teknik untuk jenjang S1, Magister Teknik untuk jenjang S2, dan Doktor untuk jenjang S3.

Kata Kunci CPL TIN IPB

Kami yakin bahwa Agroindustri adalah masa depan pertanian. Moto kami adalah „Agroindustry brings Agriculture into Perfection…!“. Indonesia berpotensi besar sebagai Negara Agro-Industri terbesar di dunia. Jika Saudara yakin Agroindustri memiliki masa depan di Indonesia, mari bergabung untuk maju bersama kami…..💪(SUP)