Penerapan GLP bagi mahasiswa TIN tingkat akhir

Good Laboratory Practices (GLP) adalah salah satu sistem manajemen pengelolaan laboratorium yang mencakup secara keseluruhan aspek teknis dan manajemen, yaitu meliputi organisasi, fasilitas, tenaga, metode analisa, pelaksanaan analisa, monitoring, pencatatan pelaporan, kondisi sarana dan prasaran laboratorium. Dari sisi lain GLP juga diartikan sebagai aturan-aturan, prosedur-prosedur dan praktek di laboratorium yang cukup untuk menjamin mutu dan intensistas data analitik yang dikeluarkan oleh sebuah kegiatan pengujian dilaboratorium.

Personil tidak memadai, data hilang, metode yang salah, cara analisis yang kurang tepat, perangkat instrumentasi yang tidak terkalibrasi, arsip tidak memadai, pengambilan sampel yang salah atau teknik penyajian data yang tidak tepat dll. Banyak masalah yang membutuhkan pengembangan Praktik Laboratorium yang Baik saat seorang mahasiswa bekerja di laboratorium.

Sehubungan dengan itu, Dep TIN IPB mengadakan pelatihan GLP untuk mahasiswa TIN tingkat akhir khususnya dan mahasiswa IPB umumnya. Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari tanggal 23 dan 30 Januari 2021. Hari pertama diisi dengan pemberian materi dan hari kedua dilakukan simulasi praktikum bekerja di laboratorium.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber para dosen dan PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) dari Departemen TIN yang sudah berpengalaman bekerja di laboratorium. Adapun jadwal kegiatan pelatihan GLP dapat dilihat pada gambar berikut:

Jadwal Pelaksanaan hari pertama
Jadwal Pelaksanaan hari Kedua

Pelatihan GLP tahun ini dilaksanakan secara online karena masih dalam kondisi pandemi. Walaupun untuk praktek para PLP melakukan peragaan secara offline di laboratorium. Sebagai syarat kelulusan setiap peserta mengikuti pre test dan post test