Program Pascasarjana

Visi

Sebagai program studi pascasarjana terkemuka dan berkualitas internasional dalam pengembangan SDM serta ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang agroindustri.

Misi

Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkesinambungan dalam bidang agroindustri, sehingga mampu mewujudkan visi, tujuan, dan sasaran program studi.

Akreditasi

A – 329/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2015 berlaku sampai 02 Mei 2020 (Magister)

A – 158/SK/BAN-PT/Akred/D/VIII/2016 berlaku sampai 11 Agustus 2021 (Doktor)

Keunggulan

Kurikulum yang mengintegrasikan ilmu teknik dan manajemen industri dengan teknologi proses, komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan. TIN secara konsisten memperoleh akreditasi dari BAN PT dengan kategori A untuk S1, S2 dan S3.

Fasilitas

Laboratorium keilmuan : Teknik dan Manajemen Industri, Teknologi kimia, Bioindustri, Pengawasan Mutu, Pengemasan, sistem distribusi dan Transportasi, Teknologi dan Manajemen lingkungan serta Bisnis Aplikasi Industri. Laboratorium referensi untuk kualitas gula dan monitoring kualitas lingkungan industri (terakreditasi ISO 17025 dan teregistrasi KLH). Laboratorium komputer dilengkapi audio visual dan jaringan internet, Unit Pilot Plant dan Teaching Industry, Perpustakaan dan teleconference.

Kerjasama Institusi

Departemen memiliki jaringan kerjasama dengan industri, pemerintah pusat dan daerah, lembaga penelitian dan pengembangan serta perguruan tinggi dalam dan luar negeri, serta alumni yang meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat.

Kompetensi Lulusan

  • Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi industri pertanian menganalisa, merancang dan mengelola Agroindustri melalui penelitian, pengembangan dan aplikasi ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kinerja sistem Agroindustri
  • Mampu menganalisis, mensintesa, merencanakan dan mengimplementasikan solusi permasalahan agroindustri pada bidang rekayasa sistem dan industri, inovasi teknologi dan pengembangan bisnis serta rekayasa komputasi agroindustri. Mampu merancang, mensintesa, mengelola, melaksanakan mengevaluasi dan/atau mengembangkan teknologi untuk menghasilkan proses/bioproses yang lebih efisien dan produktif, dan /atau produk yang memiliki nilai tambah dan daya saing yang lebih tinggi. Mampu mengintegrasikan aspek lingkungan dalam sistem agroindustri dan mengembangkan green technology dan safe processes untuk mewujudkan agroindustri yang berkelanjutan
  • Mampu berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan peta jalan penelitian dan pengembangan di bidang Teknologi Industri Pertanian, serta mampu mendesiminasi hasilnya dan mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional yang bermanfaat bagi peningkatan daya saing agroindustri.