Teknik dan Manajemen Lingkungan

Divisi atau Bagian (Laboratorium Keilmuan) Teknik dan Manajemen Lingkungan Industri (TML) merupakan satu dari tujuh bagian di bawah Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Divisi TML IPB mengkonsentrasikan diri pada kegiatan pemecahan masalah-masalah lingkungan industri, utamanya industri berbasis pertanian (Agroindustri).

Divisi TML tidak hanya berperan dalam kegiatan pendidikan dan riset melainkan kegiatan pengembangan masyarakat berupa penyediaan jasa analisis laboratorium, penelitian dan pengembangan masyarakat di bidang penyediaan jasa konsultasi pengelolaan/penanganan limbah industri. Dengan dukungan dari Departeman Pendidikan Nasional RI, Lab. TML dikembangkan menjadi Unit Jasa dan Industri (UJI) atau dalam terminolgi IPB sebagai Satuan Usaha Akdemik (SUA). Sejak tahun 1992 telah ditetapkan sebagai salah satu Lab. Rujukan untuk monitoring air limbah industri untuk Wilayah Jawa Barat (SK Gub. Jabar No. 658.31/ SK.1718/BKPMD/1992).

Divisi TML telah mengembangkan diri sebagai Laboratorium Pengujian yang terakreditasi oleh KAN sesuai dengan ISO/IEC 17025 dan sebagai Lab Rujukan bidang Lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di bidang TML juga telah dijadikan sebagai basis kegiatan Satuan Usaha Akademik (SUA) Departemen Teknologi Industri Pertanian. Kegiatan usaha akademik tersebut berorientasi kepada kualitas pelayanan (quality) prima, biaya (cost) kompetitif, kecepatan dan ketepatan waktu (delivery), dan kepuasan pelanggan (customer satisfactory).

Divisi TML IPB memiliki berbagai keunggulan, yaitu SDM (competency, expertise, experiences), data/Informasi, kemampuan dan kapasitas, dan pengakuan secara National & International, ISO/IEC 17025:2005, akreditasi oleh KAN, pengakuan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Laboratorium Rujukan Lingkungan di Indonesia (No. Registrasi Kompetensi: 0043/LPJ/LABLING-1/LRK/KLH).

Visi

Menjadi bagian yang unggul, diakui, dan berkontribusi nyata dalam pengembangan agroindustri yang ramah lingkungan

Misi

Mengembangkan dan menerapkan bidang ilmu teknik dan manajemen lingkungan industri dalam mewujudkan industri yang berkelanjutan.

Mandat

Pengembangan ilmu, teknik dan manajemen lingkungan serta penerapannya dalam pengembangan agroindustri yang ramah lingkungan.

Ranah

Pengembangan dan aplikasi teknologi pengendalian pencemaran (input, process dan output pollution control) pada sistem agroindustri.

Topik Utama Penelitian

Perencanaan lingkungan agroindustri, pengembangan dan aplikasi teknik minimisasi limbah, produksi bersih, eko-efisiensi, pengembangan teknologi penanganan limbah industri (limbah cair, gas, padat dan bahan berbahaya dan beracun/B3), bioremediasi, pengembangan sistem manajemen lingkungan (environmental management system/EMS), dan pengembangan teknologi penyediaan air bersih/air minum.

Kepala Divisi Teknik dan Manajemen Lingkungan: Prof. Dr. Muhammad Romli

Dosen Divisi Teknik dan Manajemen Lingkungan:

  1. Prof. Dr. Anas M. Fauzi
  2. Dr. Tajuddin Bantacut
  3. Prof. Dr. Nastiti S. Indrasti
  4. Dr. Mohamad Yani
  5. Prof. Dr. Suprihatin,
  6. Dr. Ir. Andes Ismayana, MT.

Info Lengkap Cek Divisi TML