Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah yang diampu di PS TIN

1.TIN100 Pengantar Agroindustri                                                 2 (2-0)

Pada mata kuliah ini diperkenalkan agroindustri dalam perspektif yang luas, pengetahuan dan pemahaman dalam berbagai macam topik yang terkait dengan agroindustri dan ilmu pendukungnya, permasalahan dan peran strategis agroindustri.

2. TIN212 Pengembangan Sumberdaya Manusia                          2(2-0)

Pada mata kuliah  ini akan dibahas berbagai aspek dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, mencakup: Perencanaan, pengadaan, pembinaan dan pemanfaatan tenaga kerja di dalam suatu badan usaha/instansi; Kepemimpinan dan hubungan antara pimpinan dan bawahan dalam rangka usaha peningkatan produktivitas, termasuk motivasi,  penilaian dan pengembangan sumberdaya manusia; organisasi pembelajaran dan perannya dalam pengembangan inovasi dan peningkatan daya saing agroindustri.

3. TIN214 Teknologi Informasi dan Komputasi                           2(1-3)

Pada mata kuliah ini membahas alat bantu, aplikasi, perlengkapan dan dampak teknologi informasi (Tools, Apps, Devices, and the Impact of  Technology) membahas mekanisme enkoding, arsitektur dan komponen-komponen komputer meliputi peralatan input, output, pemroses dan penyimpanan data, perangkat lunak meliputi perangkat lunak aplikasi, sistem operasi dan, manajemen basis data, sistem informasi, dasar-dasar jaringan komputer dan Internet, mobile computing, sensor industry serta keamanan komputer diikuti dengan aplikasi statistik menggunakan  spreadsheet dan Minitab.

4. TIN215 Matematika Industri                                                         3(2-2)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan dan teknik-teknik matematika (persamaan diferensial, integral, analisis numerik dan transformasi Laplace) untuk mendorong penerapan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan di industri.

5. TIN216 Statistika Industri I                                                              3(2-2)

Mata kuliah ini menjelaskan prinsip-prinsip dasar metode statistika dan beberapa metode analisis dasar yang dapat diterapkan pada berbagai bidang terapan. Topik-topik yang tercakup dalam mata kuliah ini adalah deskripsi statistik, peluang, prinsip-prinsip pendugaan dan pengujian hipotesis, pendugaan dan pengujian hipotesis mengenai proporsi, pendugaan dan pengujian hipotesis mengenai nilai tengah, korelasi, regresi linier sederhana, serta tabel kontingensi. Mata kuliah ini menjadi dasar bagi mata ajaran yang lebih tinggi, yaitu statistika non parameterik, perancangan percobaan, statistika pengendalian mutu, dan analisis deret waktu.

6. TIN220 Perhitungan Dasar Rekayasa Proses                             3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa untuk menguasai prinsip-prinsip dasar perhitungan rekayasa proses, mencakup pengertian tentang satuan, konversi, perhitungan secara matematik dan perhitungan neraca bahan dan neraca panas pada berbagai kondisi proses.

7. TIN233 Mikrobiologi Industri                                                           2(2-0)

Pada mata kuliah ini dibahas mengenai pengetahuan mikroorganisme secara umum, meliputi klasifikasi, reproduksi, isolasi, seleksi, dan identifikasi mikroorganisme. Selain itu juga dibahas tentang pengembangan proses yang melibatkan mikroorganisme mulai dari merancang kebutuhan nutrisi dan kondisi pertumbuhan; peralatan kultivasi (bioreaktor) dan pengendalian kondisi kultivasi; serta pemanenan dan pemurnian produk. Pemanfaatan mikroorganisme untuk memproduksi berbagai produk/jasa (pangan, non-pangan dan penanganan  limbah) serta pengaruh mikroorganisme terhadap kerusakan dan keracunan pada bahan dan produk agroindustri juga dibahas pada mata kuliah ini.

8. TIN251 Pengetahuan Bahan Hasil Pertanian                              2(2-0)

Pada mata kuliah ini diberikan dasar-dasar pengetahuan tentang komponen makro (air, karbohidrat, lemak dan protein) dan komponen mikro (vitamin, mineral, flavor, aroma, warna, alkaloid), karakteristik fisiko-kimia, karakteristik mutu dan organoleptik dari hasil pertanian sebagai bahan baku agroindustri.

9. TIN252 Analisis Bahan Agroindustri                                            1(0-3)

Praktikum Analisis Bahan Agroindustri merupakan rangkaian kegiatan untuk membantu mahasiswa dalam melakukan analisis komponen komponen makro (air, karbohidrat, lemak dan protein) dan komponen mikro (vitamin, mineral, flavor, aroma, warna, alkaloid), karakteristik fisiko-kimia, karakteristik mutu dan organoleptik dari hasil pertanian.

10. TIN211 Teknik Tata Cara Kerja                                                       2(2-0)

Pada mata kuliah ini dibahas teknik tata cara kerja, telaah metode kerja dan telaah gerak yang meliputi peta-peta kerja, ekonomi gerakan, Value Stream Mapping, faktor manusia dan lingkungan dalam sistem kerja, teknik Pengukuran kerja dan penentuan waktu standar.

11. TIN217 Algoritma dan Pemrograman Komputer                       3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas teknik-teknik yang dipakai dalam rancangan dan analisis Algoritma dan Pemrograman Komputer. Algoritma yang dibahas ditekankan untuk penyelesaian    permasalahan komputasi  dalam  agroindustri.  Pokok bahasan meliputi : struktur data, analisis kompleksitas algoritma, sorting; search trees, heaps, dan hashing; divide-and-conquer; dynamic programming; amortized analysis; graph algorithms; shortest paths; network flow; matrix calculations; caching; pemrograman mobile serta  prinsip komputasi parallel.

12. TIN223 Satuan Operasi                                                                     3(2-2)

Pada mata kuliah ini diberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa untuk memahami teori dan prinsip satuan operasi-satuan operasi pada industri pertanian dan dapat melakukan perhitungan tentang kinerja dan efisiensi masing-masing satuan operasi tersebut.

13. TIN224 Satuan Proses                                                                      2(2-0)

Pada mata kuliah ini diberikan pemahaman tentang proses-proses kimiawi dan biokimiawi yang terlibat dalam pengolahan hasil pertanian menjadi produk-produk yang bernilai tambah tinggi, peran penting satuan proses dalam konversi/transformasi bahan hasil pertanian (sumber-sumber karbohidrat; minyak/lemak; protein); pemahaman tentang prinsip-prinsip perubahan karakter bahan hasil pertanian yang dikonversi/transformasi melalui proses kimia dan biologi dan proses-proses enzimatik serta aplikasi satuan proses dalam pengolahan hasil pertanian dan agroindustri lainnya, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan produk inovatif agroindustri.

14. TIN230 Dasar Rekayasa Bioproses                                           2(2-0)

Pada mata kuliah ini dibahas hubungan antara aspek biologi/mikrobiologi (struktur dan fungsi sel mikroba, pengembangan mikroba industri melalui mutasi dan rekombinasi), aspek biokimia (metabolisme sel mikroba dan rekayasa metabolisme), dan aspek rekayasa kimia (enzim dan imobilisasi enzim, stoikiometri pertumbuhan sel dan pembentukan produk, kinetika pertumbuhan sel dan pembentukan produk) untuk tujuan aplikasi pada bioindustri/agroindustri.

15. TIN234 Laboratorium Bioproses                                                    2(0-6)

Pada mata kuliah ini diberikan pemahaman konsep dan ketrampilan dasar cara bekerja yang baik pada laboratorium bioproses, yaitu teknik dasar mikrobiologi, yang diterapkan dalam pengujian mutu produk agroindustri dan pengembangan produk bioindustri.

16. TIN242 Teknologi Pengemasan                                                     3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas tentang definisi, fungsi dan peran kemasan, klasifikasi kemasan, sifat dasar bahan kemasan (fisik, mekanik, optik dan termal) termasuk bahan kemasan alternatif, dan interaksi antara bahan kemasan dengan produk terkemas.

17. TIN253 Pengetahuan Produk Agroindustri                                 2(2-0)

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan produk agroindustri yang bernilai tambah tinggi dan prospektif untuk dikomersialkan di tingkat nasional dan global berdasarkan sifak fisik, kimia dan fungsional dari produk-produk berbasis karbohidrat, minyak dan lemak, protein (hewani dan nabati), produk hortikultura (buah-buahan, sayur-sayuran dan bunga-bunga), serat alami, minyak atsiri, rempah, herbal, sumber bahan penyegar (teh, kopi, coklat), polimer alami (karet, resin,gum), dan rumput laut. Selanjutnya mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan mengenai pengembangan ide-ide inovatif dan kreatif terkait potensi pengembangan produk-produk agroindustri lebih lanjut (pohon industri).

18. TIN254 Analisis Produk Agroindustri                                           1(0-3)

Praktikum Analisis Produk Agroindustri merupakan rangkaian kegiatan untuk membantu mahasiswa dalam melakukan analisis sifat fisiko-kimia dan fungsional komoditas dan produk agroindustri, uji mutu dan uji organoleptik. Dalam praktikum ini dilakukan percobaan di laboratorium mengenai pengembangan produk-produk berbasis pati dan gula, minyak lemak dan lemak, protein (hewani dan nabati), produk hortikultura (buah-buahan, sayur-sayuran dan bunga-bunga), serat alami, minyak atsiri, rempah, herbal, sumber bahan penyegar (teh, kopi, coklat), polimer alami (karet, resin,gum) dan rumput laut.

19. TIN310 Tata Letak dan Penanganan Bahan                                3(2-2)

Pada mata kuliah ini akan dibahas prinsip, tujuan dan faktor faktor penting serta teknik dan metode dalam merancang dan mengevaluasi tataletak faslitas pabrik serta alat penanganan bahan pada Agroindustri mencakup peranan perancangan tataletak dan penanganan penangan bahan terhadap produktivitas, penetapan lokasi Agroindustri, tahapan perancangan Tata Letak menurut Systematic Layout Planning, pemilihan dan pengelolaan alat penanganan bahan pada Agroindustri.

20. TIN311 Penelitian Operasi                                                               3(2-2)

Pada mata kuliah ini dibahas penerapan metode analitis linier untuk pengambilan keputusan dan penyelesaian permasalahan agroindustri. Topik yang dibahas meliputi pemodelan matematika, optimisasi dalam berbagai kasus agroindustri seperti metode grafis, metode simpleks dan juga analisa sensitivitas juga model  transportasi, goal programming, dynamic programming dan optimasi jaringan  serta teori permainan.

21. TIN318 Rekayasa Biaya                                                                    3(3-0)

Pada mata kuliah ini dibahas lingkup rekayasa biaya, konsep nilai uang terhadap waktu, activity based costing, life cycle costing, economic value added (EVA), penghitungan pembiayaan agroindustri, analisis cash flow, teknik evaluasi kelayakan investasi dan replacement, dan pengambilan keputusan dalam pemilihan alternatif rencana investasi agoindustri.

22. TIN326 Peralatan dan Mesin Industri                                            3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan tentang prinsip kerja alat dan mesin pada industri pertanian dan dapat mengevaluasi serta memilih alat dan mesin yang tepat untuk suatu industri pertanian.

23. TIN351 Rekayasa Mutu                                                                     2(2-0)

Pada mata kuliah ini dibahas prinsip rekayasa mutu dan alat bantu (tools) serta teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing produk dan melakukan perbaikan organisasi secara berkelanjutan.

24. TIN360 Manajemen Lingkungan Industri                                     2(2-0)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan agroindustri yang berkelanjutan, interaksi kegiatan industri dan dampaknya terhadap lingkungan sehingga mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan tersebut dalam perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi manajemen lingkungan agroindustri.

25. TIN362 Laboratorium Lingkungan                                                 1(0-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan mengenai teknik sampling dan mengetahui peralatan yang digunakan dalam pengukuran pencemaran lingkungan, serta dapat menentukan ukuran/besaran parameter pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh adanya limbah cair, limbah padat, dan polutan pencemar udara serta kebisingan.

26. TIN370 Inovasi Produk dan Bisnis Agroindustri                       3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan terkait dengan peran inovasi dalam pengembangan agroindustri dan penggunaan prinsip-prinsip desain untuk berinovasi. Inovasi dimulai dengan pemahaman terhadap permasalahan dan kebutuhan konsumen serta dinamika di lingkungan eksternal, mengidentifikasi peluang, secara kreatif memunculkan ide inovatif, merancang dan mengevaluasi konsep produk dan model bisnis yang inovatif.  Pada mata kuliah ini juga dilatih sikap kewirausahaan dan pola pikir keteknikan dalam memberikan solusi inovatif untuk permasalahan agroindustri.

27. TIN312 Perencanaan dan Pengendalian Produksi                    3(2-3)

Pada mata kuliah ini akan dibahas prinsip dan faktor faktor penting serta teknik dan metode dalam perencanaan dan pengendalian produksi yang mencakup prakiraan, perencanaan dan penjadwalan produksi, kebutuhan bahan dan pengendalian persediaan pada Agroindustri. Pada mata kuliah ini juga akan dibahas isu dan prinsip sehubungan Lean Production, dan perangkat Enterprise Resource Planning.

28. TIN316 Analisis Sistem dan Pengambilan Keputusan             3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas teknik dan penerapan model  keputusan multikriteria untuk penyelsaian dan pengembangan agroindustri, yang mencakup manajemen lingkungan, pemilihan proyek, pemilihan alternatif teknologi dan persoalan keputusan strategik  yang lain. Mahasiswa selain diperkenalkan dengan masalah pengambilan pengembangan agroindustri juga akan membahas studi kasus. Topik yang dibahas mencakup teori dasar, struktur dan kerangka analisis sistem, penyusunan functional requirement analysis, pemodelan proses bisnis berbasis BPMN, proses pengambilan keputusan Programa Multi Atribute Multi Criteria (MACDM) meliputi  Matrix PayOff, Matrix Keputusan, Pohon Keputusan, AHP, Topsis, kerangka dan aplikasi DSS agroindustri.

29. TIN319 Statistika Industri II                                                             3(2-3)

Pada mata kuliah ini dijelaskan prinsip-prinsip statistika dan metode analisis statistika untuk pengumpulan, pengolahan, dan analisis data yang dapat diterapkan di bidang industri pertanian, mencakup desain percobaan, statistika non-parametrik, desain penelitian lapangan (survei), dan statistika pengendalian mutu produk dan proses. Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan prinsip-prinsip statistika di bidang agroindustri, dan merancangan penenelitian untuk pengumpulan, menganalisis, menyajikan data, serta menggunakan data untuk menarik kesimpulan, baik data dari penelitian laboratorium mapun data lapang.

30. TIN326 Perancangan Pabrik                                                            3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan teori dan penerapan perancangan pabrik agroindustri dengan tingkat keandalan untuk diterapkan dan dioperasikan secara efisien. Pada mata kuliah ini diberikan penerapan pengetahuan tentang prinsip, teknik dan faktor dalam perancangan pabrik (plant) dan kemampuan serta ketrampilan untuk merancang pabrik agroindustri secara rinci (a detailed estimate design).

31. TIN340 Teknologi Penyimpanan dan Penggudangan              3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas tentang sifat  fisiko-kimia komoditas agroindustri dan faktor penyebab penurunan mutu, perlakuan pra-penyimpanan, teknik penyimpanan dingin dan beku, teknik penyimpanan atmosfer terkendali/termodifikasi (CAS/MAS), teknik penggudangan komoditi curah dan komoditi terkemas dan pengamanan komoditi dalam gudang serta penentuan dan pendugaan umur simpan.

32. TIN361 Teknologi Pengendalian dan Pencemaran Industri   3(2-3)

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola lingkungan industri melalui pengendalian limbah industri baik dengan pendekatan input maupun output. Topik yang dicakup meliputi sumber, karakteristik dan dampak limbah industri; pendekatan pengelolaan dan upaya konservasi sumber daya; dan teknologi penanganan limbah cair, padat/B3 dan gas mencakup prinsip proses, operasi dan kontrol, dan perancangan unit-unit operasinya.

33. TIN410 Teknik Pemodelan dan Optimasi Proses                      3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas prinsip dasar pemodelan, pengembangan model dalam proses, teori dan model teknik optimasi non linier, response surface method dan global optimization method serta penerapannya dalam agroindustri.

34. TIN461 Kesehatan dan Keselamatan Kerja                                 2(2-0)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan  tentang kesehatan dan keselamatan kerja serta identifikasi potensi dan penyebab sumber bahaya yang berhubungan dengan tempat kerja, yang difokuskan pada identifikasi yang dapat ditimbulkan dalam pekerjaan dikaitkan dengan risiko dan pengendaliannya.  Disamping itu juga memberikan pengetahuan terhadap Sistem Manajemen K3 pada suatu kegiatan atau industri.

35. TIN470 Perencanaan Proyek dan Industri                                   3(1-6)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah Capstone yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mengintegrasikan pengetahuan yang telah diperoleh dalam bentuk perencanaan proyek agroindustri.  Perencanaan proyek agroindustri ini mencakup rancangan produk, proses, fasilitas pabrik, organisasi dan sumberdaya  yang memenuhi kelayakan teknis-teknologis, pasar, finansial, sosial dan lingkungan. Penugasan dalam mata kuliah ini dilaksanakan secara berkelompok untuk meningkatkan kemandirian, kemampuan bekerja dalam tim, komunikasi, dan mentransformasi ide-ide berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam konsep bisnis agroindustri.

36. FTP400 Praktek Lapang                                                                   2(0-6)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan praktek, keahlian dan pengalaman melalui praktek industri dan aplikasi sains dan teknologi dalam industri maupun kawasan industri.

37. FTP402 Kuliah Kerja Nyata Tematik                                             3(0-9)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan Integrasi kegiatan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa TIN untuk secara langsung, berkontribusi dalam penyelesaian masalah terkait dengan agroindustri, melalui tahapan memahami permasalahan, memberikan alternatif solusi, merealisasikan alternatif solusi dan mengevaluasi implementasi solusi.

38. TIN497 Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah                       1(1-0)

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kepada mahasiswa keterampilan yang diperlukan untuk menulis karya ilmiah dan menyiapkan materi-materi profesional presentasi dan publikasi. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi pentingnya integritas akademik, penelusuran dan review literatur ilmiah; gaya penulisan ilmiah; penulisan makalah, proposal, proyek, dan komponen skripsi; presentasi data; dan penyiapan presentasi ilmiah.

39. TIN496 Kolokium                                                                                1(1-0)

Pada mata kuliah ini diberikan ketrampilan kepada mahasiswa untuk merancang sebuah proposal penelitian yang meliputi perumusan relevansi penelitian, permasalahan, dan tujuan penelitian, studi kritis literatur, pengembangan metodologi penelitian, dan perencanaan sumberdayanya serta menuliskannya dalam sebuah proposal yang mengikuti kaidah-kaidah ilmiah.

40. TIN498 Seminar                                                                                  1(0-1)

Seminar ini dilakukan untuk mendidik mahasiswa agar mampu menyiapkan bahan seminar, melakukan presentasi oral, mendapatkan masukan  tentang tugas akhir penelitiannya baik dari dosen pembimbing, pengajar lain maupun mahasiswa lainnya, serta memahami ruang lingkup keilmuan departemen teknologi industri pertanian.

41. TIN499 Skripsi                                                                                             6

Pada mata kuliah Skripsi ini diberikan kemampuan analisis dalam pengembangan agroindustri berdasarkan pendekatan saintifik. Hasil dari skripsi mahasiswa adalah laporan skripsi dalam bentuk laporan hasil penelitian atau laporan magang sebagai alternatif yang disusun secara sistematis. Skripsi berisi kebaruan dalam pengetahuan empirik maupun teoretis, teori, model, konsep, metodologi, desain atau inovasi teknologis yang diproduksi melalui eksperimen sistematis, survei lapangan, data sekunder atau studi literatur. Magang didesain untuk meningkatkan pengetahuan pengalaman industri dan pengalaman dalam bidang agorindustri, terutama pengalaman dan keahlian dalam identifikasi dan penyelesaian masalah dalam kasus tertentu. Skripsi dapat diselesaikan secara individual atau berkelompok (2-5 mahasiswa per kelompok)

42. TIN31A Metode Kuantitatif Stokastik                                            3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas aplikasi model probabilistik dan non linier dalam penelitian operasi yang mengkombinasikan tiga disiplin yaitu pemodelan matematika, komputer dan aplikasi industri. Mata kuliah ini dititikberatkan pada pemodelan pemrograman kuadratik, Rantai Markov-Proses keputusan Markov, Teori antrian, Teori Permainan Lanjut serta simulasi untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan agroindustri. Pada mata kuliah ini juga juga aplikasi dari pemodelan probabilistik dalam industri pertanian untuk perencanaan dan pengendalian produksi, perencanaan sumber daya, sistem jasa, jaringan komputer dan lain-lain.

43. TIN31B Sistem Logistik dan Rantai Pasok                                 3(2-3)

Pada mata kuliah ini dipelajari: konsep operasional dan strategi rantai pasok yang kompetitif serta pengukuran kinerja; terminologi dasar dan operasi rantai pasok dalam konteks lingkungan bisnis; desain jaringan kerja rantai pasok, sourcing dan kebijakan yang efektif dalam manajemen persediaan, variabilitas permintaan, peramalan dan lead time pada tingkat persediaan dan biaya.

44. TIN327 Rekayasa Proses Pengolahan Pati, Gula dan Sukrokimia    3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan untuk melakukan perancangan suatu proses dan produk yang memanfaatkan bahan hasil pertanian berbasis pati, gula dan sukrokimia dalam agroindustri. Perkembangan industri pati, gula dan industri berbasis pati dan gula, sumber dan potensi, sifat fisiko-kimiawi, struktur dan prinsip-prinsip metode ekstraksi, penggunaan enzim dalam industri pati. Aplikasi pati sebagai pati termodifikasi, produk hidrolisat dan turunannya, dan produk biokonversi pati; jenis-jenis dan kualitas gula tebu, dan teknologi pembuatan gula alternatif; teknologi Gula Palma; teknologi dan pengawasan dalam pembuatan gula pasir.

45. TIN328 Teknologi Minyak dan Lemak                                           3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas teknik dan metode ekstraksi minyak/lemak; teknik dan metode pemurnian minyak/lemak; teknik pengolahan minyak dan lemak menjadi oleokimia dasar dan turunan (surfaktan, emulsifier, demulsifier dan lainnya); teknik aplikasi  beragam produk minyak lemak (minyak goreng, margarin, shortening, CBS, CBX, CBR, dll), oleokimia dasar (gliserol, metil ester, fatty acid, fatty alcohol) dan oleokimia turunan (MES, DEA, AS, GE),  dan teknik pengolahan produk emulsi dan aplikasinya di berbagai industri  (personel care products, pestisida, perminyakan, lingkungan dan industri  lainnya).

46. TIN341 Pengemasan Distribusi dan Transportasi                    3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas tentang pengertian, fungsi dan ruang lingkup pengemasan distribusi dan transportasi, ketentuan-ketentuan dalam pengemasan untuk distribusi dan transportasi, uji dan standarisasi kemasan transportasi, cara penanganan (pemuatan  dengan individu dan satuan muatan, penumpukkan serta bongkar muat), peralatan penananganan/pengangkutan (pallet dan peti kemas, crane dan lain lain)  dan moda transportasi.

47. TIN363 Produksi Bersih                                                                   3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan tentang pendekatan produksi bersih (PB) vs pendekatan ‘end-of-pipe’, tipe sumber pembangkitan limbah industri, strategi pencegahan limbah, metodologi dan prosedur audit PB, integrasi PB dalam EMS/ISO 14000, studi kasus penerapan PB dalam agroindustri.

48. TIN411 Pengendalian Proses Otomatik                                       3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pemahaman dan pengetahuan untuk perancangan sistem pengendalian industri, termasuk pengantar dan ilustrasi sistem kontrol, penggunaan sensor dan optimalisasi proses industri.

49.TIN412 Sistem Informasi Manajemen Agroindustri                  3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas konsep desain sistem informasi digital bagi implementasi fungsi dan proses manajemen agro-industri dalam lingkungan ekosistem bisnis digital (Digital Business Ecosystems/DBE).  Mata kuliah ini memberikan bekal keterampilan penyusunan spesifikasi teknis basis data dan fitur digital berarah objek.  Materi meliputi proses requirement analysis, pemodelan komputasi mobile, pemrograman komputasi awan, dan formulasi operasi komputasi pintar pada analitika (Analytics)  informasi bisnis/produksi/jasa termasuk  rekayasa basis data berskala besar yang mampu menunjang proses Enterprise Resource Planning/ERP berbasis  big data dalam lingkungan operasi agro-industri yang kompleks.

50. TIN424 Rekayasa Proses Pengolahan Minyak Atsiri, Rempah dan Fitofarmaka     3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pengetahuan tentang pentingnya minyak atsiri, rempah dan fitofarmaka serta bisnis dan prospek usahanya; sumber tanaman dan bahan baku penghasil minyak atsiri, rempah dan fitofarmaka; manfaat dari berbagai jenis minyak atsiri, rempah dan fitofarmaka; teknologi pengolahan bahan baku, teknik ekstraksi dan pemurnian minyak atsiri dan fitofarmaka, analisis mutu fisik dan kimia, serta pengembangan pemanfaatannya dalam berbagai jenis dan formulasi produk yang dapat meningkatkan nilai tambah.

51. TIN425 Rekayasa Proses dan Produk Bahan Penyegar dan Hortikultura     3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan pengenalan secara terpadu tentang rekayasa proses dan produk teh, kopi, coklat, buah-buahan dan sayur-sayuran. Kuliah ini memberikan gambaran mengenai prinsip-prinsip proses pengolahan teh, kopi, coklat, buah, sayur dan bunga (perubahan kimia dan biokimia selama proses pematangan dan pengolahan termasuk mutu, grading dan pengemasan).

52. TIN426 Rekayasa Proses dan Produk Serat, Karet dan Gum    3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas tentang teknologi yang digunakan pda pengolahan serat, karet, dan gum. Mata kuliah ini mengenalkan dan membedakan mutu komoditas bahan baku dan memilih teknologi yang sesuai untuk menghasilkan suatu nilai tambah yang tinggi untuk bahan baku. Penanganan produk dipilih berdasarkan persyaratan standar mutu yang dipelajari. Identifikasi teknologi baru/modifikasi berdasarkan serat, karet, dan gum yang memiliki potensial ekonomi dan bisnis yang tinggi juga dipelajari).

53. TIN427 Teknologi Pengolahan dan Penyamakan Kulit            3(2-3)

Mata kuliah ini membahas teknologi pengolahan kulit menjadi produk-produk bernilai tambah tinggi, baik produk-produk pangan maupun non pangan, seperti gelatin, kolagen, lem kulit, kerupuk kulit, dan kulit samak.  Teknologi penyamakan kulit dibahas lebih mendalam dari mulai prapenyamakan sampai dengan penyamakan kulit.

54. TIN430 Rekayasa Proses pada Bioindustri                                 3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas pemanfaatan mikroba dan perancangan prosesnya yang mencakup berbagai aspek yaitu perancangan media, perancangan teknik kultivasi beserta kinetikanya, perancangan aspek lingkungan yang dapat mempengaruhi kinetika pertumbuhan mikroba dan pembentukan produk, perancangan bioreaktor dan penggandaan skala,  proses hilir dan aspek tekno ekonomi   untuk pembuatan berbagai produk pada bio industri

55. TIN440 Pengemasan Aktif dan Cerdas                                         3(2-3)

Pada mata kuliah ini membahas tentang perkembangan teknologi pengemasan modern khususnya kemasan aktif dan cerdas, definisi, jenis dan bentuk kemasan aktif dan cerdas, prinsip dan mekanisme kemasan aktif dan cerdas serta aplikasinya untuk produk agroindustri.

56. TIN462 Rekayasa Penanganan Limbah Cair                               3(2-3)

Pada mata kuliah ini dibahas karakteristik Limbah Cair Industri dan pengaruhnya pada lingkungan; Teknik survei limbah industri dan upaya konservasi material (minimisasi polutan); Desain proses, reaktor, optimasi operasi, dan teknik pengolahan limbah cair agroindustri mencakup pengolahan primer, sekunder (biologis), tersier; serta  penanganan disposal residu (sludge).

57. TIN463 Rekayasa Penanganan Limbah Padat                           3(2-3)

Pada mata kuliah ini diberikan wawasan dan pemahaman tentang konsep dan rekayasa penanganan limbah padat dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang efektif dan efisien dengan memberikan kemungkinan-kemungkinan usaha pencegahan timbulnya limbah. Beberapa alternatif teknologi penanganan dan pengolahan limbah juga diberikan dalam mata kuliah ini, sebagai suatu tindakan yang dapat dilakukan bilamana timbulan limbah tidak dapat dihindari sebelum dilakukan pembuangan ke lingkungan dengan cara yang aman.

58. TIN464 Rekayasa Penanganan Pencemaran Udara                 3(2-3)

Pada mata kuliah  ini dijelaskan cara/metode identifikasi keperluan data pencemaran udara  untuk penanganan pencemaran udara, menentukan teknik pengendaian pencemaran udara, merancang rekayasa penanganan pengendalian pencemaran udara (partikulat, gas, bau, getaran dan bising), dan menentukan status pencemaran udara agroindustri.