Bogor, Indonesia | +62 811-1187-812 | tin@apps.ipb.ac.id

Selamat Datang di Departemen Teknologi Industri Pertanian

slider 1-Sekapur Sirih Pak Ono
Uncategorized

Selamat Datang di Departemen Teknologi Industri Pertanian

Pembaca website TIN,

Selamat datang di website Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Institut Pertanian Bogor atau IPB University.

Departemen Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor atau IPB University, Bogor, Indonesia didirikan pada tahun 1981 menawarkan program studi sarjana (S1) Teknologi Industri Pertanian (TIN) yang kemudian sejak tahun 2018 menjadi program studi Teknik Industri Pertanian (TIN). Program studi TIN merupakan program studi pionir di Indonesia untuk pengembangan agroindustri, dengan tujuan menyempurnakan sukses Revolusi Hijau menjadi Revolusi Nilai Tambah bagi hasil pertanian. Departemen TIN membuka program magister (S2) pada tahun 1990, dan program doktor (S3) pada tahun 1995. Pada tahun 2018, program studi TIN menyesuaikan orientasi dan nama program studi menjadi program studi Teknik industri Pertanian atau agroindustrial engineering untuk ketiga jenjang pendidikannya, yakni program sarjana, magister, dan doktor. Selain program reguler, Departemen TIN membuka kelas internasional untuk program sarjananya.

Program studi Teknik Industri Pertanian mempersiapkan lulusannya dalam merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, mengendalikan, mengevaluasi, dan meningkatkan kinerja sistem agroindustri berkelanjutan. Pendekatan yang dilakukan mengerintegrasikan aspek-aspek teknologi proses, rekayasa sistem, manajemen industry, dan lingkungan untuk meningkatkan nilai tambah sumberdaya pertanian atau hayati dan turunannya. Sistem pendidikan berbasis capaian pembelajaran atau outcome-based education (OBE) dan berorientasi technopreneurship yang mengacu pada kriteria kompetensi internasional.

Program studi TIN terakreditasi nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan predikat unggul untuk program sarjana dan doktor serta predikat baik sekali untuk program magister.

Program sarjana TIN terakreditasi internasional oleh Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) sejak tahun 2022, sehingga lulusannya memiliki kesetaraan kompetensi sesuai standar internasional untuk pendidikan tinggi teknik.

Website TIN ini menyajikan berbagai informasi penting mengenai Departemen TIN. Semoga bermanfaat.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *