Bogor, Indonesia | +62 811-1187-812 | tin@apps.ipb.ac.id

Layanan Akademik TIN

Layanan Akademik TIN

1. Persyaratan

Persyaratan administrasi dan akademik mengikuti prosedur operasional baku (POB) yang selama ini sudah dilaksanakan, yaitu status mahasiswa aktif (lunas SPP dan sudah mengisi KRS), kelengkapan dokumen, dan bukti capaian akademik. Info lebih lanjut bisa menghubungi WA UPT.

2. Prosedur Pembuatan SK Dekan/Wadek Fakultas

Pengajuan administrasi akademik dan kemahasiswaan Surat Keterangan (Dekan/Wakil Dekan) dilakukan secara online oleh mahasiswa — (sigma-fateta.ipb.ac.id), Formulir Isian, Upload Formulir

3. Prosedur Pelayanan Akademik di TIN

Pengajuan administrasi akademik dan kemahasiswaan di Departemen TIN melalui:

4. Seminar Hasil Produta

Pendaftaran seminar hasil produta melalui (https://ipb.link/daftar-seminarhasil-produta) dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

a. Form Kesediaan Seminar
b. Abstrak
c. Makalah
d. Bahan Presentasi
e. Poster
f. Video
g. Kartu Seminar (Mengikuti 5 sidang pleno dan minimal 15 presentasi proyek)

5. Prosedur Sidang Tugas Akhir

Mahasiswa menyiapkan file naskah tugas akhir yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing.
Mahasiswa WAJIB mengisi 2 Kuesioner Online berikut:
– Kuesioner Exit Survey For Student Near Graduation: (http://ipb.link/tin-exitsurvey-neargraduation)
– Kuesioner Tingkat Kepuasan Mahasiswa: (http://ipb.link/kepuasanmhs-s1tin)
Mahasiswa mendaftar dan mengirimkan dokumen berikut secara online (https://ipb.link/daftar-sidang-produta).
Sekretariat akan menentukan dosen penguji dan membuat undangan sidang serta mengirimkan file naskah skripsi ke dosen pembimbing dan penguji
Melakukan ujian sidang
Form Penilaian dan BAP yang sudah diisi dosen dikirimkan ke Departemen
Departemen mengunggah nilai seminar ke SIMAK sesuai POB

6. Bebas Laboratorium Non Departemen
Departemen TIN (Untuk Mahasiswa Non TIN)
Departemen ITP (Untuk Mahasiswa Non ITP)
Departemen TMB (Untuk Mahasiswa Non TMB)
Departemen SIL (Untuk Mahasiswa Non SIL)
Bebas Laboratorium khusus mahasiswa TIN

7. Lembar Pengesahan Tugas Ahir
Mahasiswa yang sudah ujian tugas akhir dan menyelesaikan perbaikan tugas akhir dapat mendapatkan lembar pengesahan tugas akhir dengan prosedur sebagai berikut:

Mahasiswa menyampaikan lembar pengesahan tugas akhir kepada dosen pembimbing luar (jika ada) yang tidak mempunyai fasilitas Digisign IPB.
Lembar pengesahan (doc), draft tugas akhir (pdf & Format PPKI) dan tugas akhir yang sudah diberi watermark (pdf & Format ipb.link/umrepo-perpusipb) yang telah ditandatangani dosen pembimbing luar IPB (jika ada), disampaikan kepada KTU departemen melalui laman Layanan UPT TIN.
KTU departemen menyampaikan lembar pengesahan tugas akhir kepada dosen pembimbing, dan Ketua Departemen, melalui Disign IPB masing-masing untuk mendapatkan tanda tangan digital dosen pembimbing dan Ketua Departemen.
Dosen pembimbing yang berasal dari IPB dan Ketua Departemen menandatangani lembar pengesahan secara digital menggunakan Disign IPB.
Lembar pengesahan dan tugas akhir yang sudah di TTD digital oleh KTU departemen disampaikan kepada mahasiswa.

Lembar Pengesahan dalam bahasa inggris dapat di download (Doc) Format Lembar Pengesahan in English-ST-Mhs 2017

8. Pengurusan SKL
Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan IPB, mahasiswa mengajukan surat keterangan lulus (SKL) online apabila telah memiliki persyaratan untuk di-upload pada SIMAK IPB.
Mahasiswa wajib mengisi survei kepuasan mahasiswa/wisudawan Fakultas Teknologi Pertanian IPB melalui https://bit.ly/Kepuasan_Wisudawan_Fateta.
Pengajuan SKL dilakukan secara online oleh mahasiswa melalui SIMAK IPB dan https://ipb.link/skl-fateta.
Nomor dan tanggal SKL akan diperoleh setelah seluruh persyaratan dipenuhi.

Fakultas

  1. Bukti Pembayaran Biaya Wisuda (Tidak Wajib)
  2. Tanda Terima Skripsi dari LSI IPB
  3. Bebas Pustaka LSI IPB
  4. Ijazah SMU/Sederajat beserta nilai
  5. Ringkasan Skripsi
  6. Abstrak
  7. Transkrip Nilai (mencantumkan nilai Skripsi)
  8. Lembar Pengesahan Judul Skripsi (sudah di TTD pembimbing dan Kadep)
  9. Bukti Pembayaran SPP

Departemen

  1. Form 071-02 (https://ipb.link/form-071-02)
  2. Skripsi yang sudah ditandatangani (Format PPKI terbaru)
  3. Naskah Jurnal
  4. Bebas Laboratorium TIN
  5. Bebas Laboratorium Non TIN
  6. Rapot CPL (diplomacy)
  7. Riwayat Hidup
  8. Sertifikat Toefl
  9. Tanda terima atau distribusi pengiriman skripsi ke Dosen Pembimbing
  10. Buku Evaluasi (Lembar pembimbingan)
  11. Kartu Seminar

SKL Online via SIMAK

Penyerahan Tugas Akhir Perpustakaan IPB

Penyerahan Hard Copy Tugas Akhir